MEMBRAN RO | REVERSE OSMOSIS UNTUK AIR LAUT | 0821 4000 2080 | JUAL MESIN FILTER RO | JUAL MEMBRAN RO | JUAL RO

Rangkuman Diskusi KBK Proses Dari Milis Migas Indonesia

From: Wiza Anitasia 

Bagaimana cara mentreatment air laut sehingga bisa digunakan untuk jacket water mesin dengan spesifikasi PH 8-9, kadar Cl, kesadahan dan konduktivitas kecil. Ditempat saya keja sudah menggunakan RO tapi belum maksimal. Belum lagi raw waternya jika musin hujan tidak asin, sementara jika kemarau menjadi asin. Mohon bantuan dan informasinya. Treatment awal apa yang bisa saya lakukan sebelum airnya masuk kedalam RO sehingga RO memilki life time yang cukup lama. Bahan kimia yang digunakan serta bagaimana menentukan dosisnya serta semua hal yang berhubungan dengan hal tersebut.


beli pasir silika, cari pasir silika, distributor pasir bangka, harga pasir silika, harga pasir silika bangka, harga pasir silika lampung, harga pasir silika per kg, harga pasir silika per ton, harga pasir silika putih, harga pasir silika untuk aquarium, jual pasir bangka di tangerang, jual pasir bangka murah, jual pasir putih bangka di jakarta, jual pasir silica, jual pasir silika, jual pasir silika aquascape, jual pasir silika cikarang, jual pasir silika di bekasi, jual pasir silika jawa timur, jual pasir silika lampung, jual pasir silika murah, jual pasir silika putih, jual pasir silika tangerang, pasir bangka jakarta, pasir kwarsa, pasir silika bangka, pasir silika bangka belitung, pasir silika untuk filter air, silika murah per kilo pasir, supplier pasir putih bangka, supplier pasir silika


Reply: Achmad Nuzulis Hidayat - Renerpha Asgarde 

Sistem RO, jika musim hujan air tidak asin, seyogyanya malah menurunkan beban dari RO, jadi membuat kinerja sistem RO menjadi lebih ringan. Namun, jika pre-treatment tidak tepat, banyak padatan yang malah memberi beban berlebih pada sistem RO. Untuk pretreatment, ada beberapa yang disarankan, yang pertama adalah dengan membrane ultrafiltrasi, dengan mengkombinasikan sistem UF-RO. Sistem ultrafiltrasi dipasang untuk menyaring partikular (non ionik) sehingga yang terlewat adalah air asin yg sudah jernih. Atau bisa jugadengan cara high velocity settling, sebagai pengganti konventional settling. Khusus untuk kombinasi UF-RO, sistem bekerja sebagai berikut. 

Pada tahap pertama, air laut sesuai dengan karakeristik yang telah ditentukan disaring terlebih dahulu dalam suatu unit membran ultrafiltrasi. Membran ultrafiltrasi dioperasikan pada tekanan kerja antara 1 - 1,5 bar. Membran dengan lapisan selektif berukuran pori 0,01 - 0,005 micron ini akan mampu merejeksi berbagai kontaminan seperti padatan tersuspensi, bakteri, virus, parasit, koloid, dan organik. Hanya ion-ion divalen dan monovalen yang dapat melewati membran. Produk yang dihasilkan oleh proses ultrafiltrasi ini dapat memiliki tingkat kekeruhan sampaidengan 0,1 NTU. Air produk (permeat) dari masing-masing unit membran dialirkan ke dalam tangki penampung produk untuk selanjutnya digunakan sebagai air umpan unit reverse osmosis. Produk membran ultrafiltrasi yang telah ditampung selanjutnya dipompakan ke dalam unit reverse osmosis pada tekanan kerja 50 - 60 bar. Tekanan kerja ini menjadi driving force proses filtrasi dengan membran reverse osmosis. Seluruh komponen divalen akan terejeksi oleh membran, sedangkan komponen monovalen akan terejeksi lebih dari 99%. Proses filtrasi ini akan menghasilkan air tawar dengan tingkat kejernihan dan kualitas yang tinggi. Air ini selanjutnya ditransfer ke dalam tangki reservoir produk untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. Konsentrat RO dengan tekanan yang sangat tinggi dialirkan kedalam Energy Recovery Unit sehingga konsumsi energi untuk proses desalinasi ini dapat diminimalkan. Konsentrat akhir selanjutnya dibuang ke tempat yang telah ditentukan. 

Proses filtrasi secara kontinu pada membran akan menurunkan kinerja membran dari waktu ke waktu. Untuk itu, membran ultrafiltrasi dan reverse osmosis perlu di-cleaning secara berkala sehingga kinerjanya kembali seperti semula. Pencucian pada membran ultrafiltrasi dilakukan dalam 2 (dua) tahap yaitu forward flushing dan backwashing. Sedangkan pada membran reverse osmosis, pencucian hanya dilakukan secara forwardflushing menggunakan larutan kimia asam atau basa dengan konsentrasi 0,1 - 0,5%. Seyogyanya, proses backwashing pada membran ultrafiltrasi dilakukan secara otomatis. Durasi dan frekuensi backwashing ditentukan sedemikian rupa sesuai dengan kondisi air umpan sehingga kinerja membran ultrafiltrasi tetap optimal. Untuk membran reverse osmosis, pencucian dilakukan secara manual dengan durasisekitar 1 jam untuk tiap train. Frekuensi cleaning sangat tergantung pada kualitas air, umumnya berkisar antara 1 - 2 bulan sekali. Dengan konfigurasi proses sedemikian rupa, proses desalinasi air laut diharapkan dapat menghasilkan air tawar dengan kualitas tinggi. Kinerja sistem akan optimal dan life time sistem akan maksimal. Untuk pH, sesuai dengan spesifikas pH 8-9, tentunya mesti di tambahkan buffer pH yang bersifat basa.


Untuk informasi dan pemesanan hubungi:
022 723 8019
022 6372 4915
0856 2476 9005
0821 4000 2080 (Fajri)
0821 2742 4060 (Ghani)
0812 2015 1631 (Randi)
0821 2742 3050 (Rusmana)
0812 2165 4304 (Yanuar)
0857 2352 9677 (WA)
0818 0906 4845 (WA)
0813 2259 9149 (WA)
7C232720 (BBM)

e-mail: adywater@gmail.com

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Bekasi:
Jalan Bintara Jayaraya No. 3 Bekasi Barat

Kantor Cabang Surabaya:
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo

Our Official Websites:
www.adywater.com
www.alatlab.org
www.alatdometer.com
www.bodcodmeter.com
www.conductivitymeter.net
www.karbonaktif.org
www.membranro.com
www.pasirsilika.com
www.turbidutymeter.com

Poskan Komentar